Beranda | Artikel
Bab Mempelajari Ilmu Perbintangan / Ilmu Nujum - Bagian ke-1 - Kitab Al-Qaulul Mufid (Ustadz Abu Haidar As-Sundawy)
Jumat, 25 April 2014

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Haidar As-Sundawy

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Haidar As-Sundawy

[sc:status-al-qaulul-mufid-ustadz-abu-haidar-2013]

Ringkasan Pembahasan Kitab Al-Qaulul Mufid di Rekaman Ini

Bab Mempelajari Ilmu Perbintangan / Ilmu Nujum (باب ما جاء في التنجيم) – Bagian ke-1

Apa itu tanjim?
Tanjim (نجَّمَ ينجِّم تنجِيمًا “.

Makna dari tanjim adalah:

تعلم علم النجوم، أو اعتقد تأثير النجوم

“Mempelajari ilmu perbintangan (ilmu nujum atau meyakini pengaruh bintang (terhadap kejadian yang terjadi di muka bumi).” Atau meramalkan kejadian di muka bumi dengan memperhatikan keadaan bintang, seperti beredarnya bintang, cahaya bintang, berubahnya bintang, dan yang sejenisnya, lalu dianggap membawa pengaruh terhadap apa yang terjadi di muka bumi.

وعلم النجوم ينقسم إلى قسمين:

Ilmu nujum ada 2 jenis:
Pertama, ilmu ta’tsir (علم التأثير). Kedua, ilmu taisir (علم التسيير).

فالأول: علم التأثير. وهذا ينقسم إلى ثلاثة أقسام:

Adapun yang dimaksud ilmu ta’tsir ada 3 macam.

أ: أن يعتقد أن هذه النجوم مؤثرة فاعلة، بمعنى أنها هي التي تخلق الحوادث والشرور; فهذا شرك أكبر; لأن من ادعى أن مع الله خالقا; فهو مشرك شركا أكبر; فهذا جعل المخلوق المسخر خالقا مُسَخِّرًا.

Pertama: Meyakini bahwa bintang memiliki pengaruh langsung terhadap apa yang terjadi di muka bumi. Dengan makna, bintanglah yang menciptakan musibah, kejadian, dan keburukan yang ada di muka bumi. Keyakinan seperti ini termasuk syirik besar, karena dia mengklaim ada pengatur lain selain Allah dalam kehidupan makhluk di muka bumi.

Mari kita simak lanjutan penjelasan rinci untaian ilmu penuh manfaat dari kitab Al-Qaulul Mufid oleh Ustadz Abu Haidar hafidzahullah ini dengan mendownloadnya sekarang juga.

Download Kajian Kitab Qaulul Mufid: Bab Mempelajari Ilmu Perbintangan / Ilmu Nujum (Bagian ke-1)

Ayo kita bagikan rekaman pengajian Islam ini kepada saudara Muslimin kita di Facebook, Twitter, dan Google+, dengan men-share tautan / link ini. Semoga menjadi amal yang bermanfaat dengan menyebarkan kebaikan ini, Aamiin.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/6189-bab-mempelajari-ilmu-perbintangan-ilmu-nujum-bagian-ke-1-kitab-al-qaulul-mufid-ustadz-abu-haidar-sundawy/